Contoh Media Pembelajaran
MEDIA
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SDN Sukamulya
Mata
Pelajara : Matematika
Kelas/
Semester : V/ 2
A.
Standar
Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
6.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kognitif Produk
o menyebutkan macam-mcam bangun datar
o menunjukan ciri-ciri bangun datar
o mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
2. Kognitif Proses
o membuat bangun datar
o menganalisis ciri-ciri bangun datar
o membuat simpulan berdasarkan hasil penelitian tentang sifat-sifat
bangun datar
3. Psikomotor
o
melakukan
percobaan/demontrasi dan pengamatan untuk mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar
4. Afektif
o
Melakukan komunikasi,
presentasi, tanyajawab, dn berpendapat
o
Melakukan melakukan kerjasama
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif Produk
o dengan tanpa melihat buku, siswa dapat menyebutkan macam-macam
bangun datar
o dengan diberikan gambar bangun datar, siswa dapat menunjukan
ciri-ciri bangun datar
o dengan diberikan gambar bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
2. Kognitif Proses
o dengan diberikan arahan, siswa membuat macam-macam bangun datar
o dengan diberikan arahan, siswa dapat menganalisis ciri-ciri bangun
datar
3. Psikomotor
o
dengan
diberikan alat, siswa dapat melakukan demontrasi dan pengamatan untuk
mengidentifikasi ciri-ciri bangun datar
4. Afektif
o
dengan
terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun
yang meliputi bertanya dan berpendapat
o
dengan
terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
bekerjasama dengan baiak dalam kelompok
D. Deskripsi Media
Media bangun datar yang
digunakan terbuat dari karton , gambar
bangun datar dibuat sesuai dengan ukuran yang dapat terlihat oleh semua siswa.
E. Bahan dan Alat
1.
Alat
-
komputer
-
gunting/kater
-
lem/ plester
-
spidol
2.
Bahan
-
karton
-
lidi
F. Cara Pembuatan
Bentuk bangun
datar pada setingan komputer langkah-langkahnya sebagai berikut
1. jalankan program
Word
2. arahkan carser ke
menu inset kemudian pilih shapes
3.
cari bentuk bangun datar yang kita inginkan
kemudian kita set pada lembar
kerja sesuai dengan yang diinginkan
Bentuk bangun datar yang dbuat pada karton langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.
sediakan alat dan bahan berupa karton,spidol dan penggaris
2.
gambarlah bentuk-bentuk bangun datar sesuai dengan ukuran yang diperlukan
G. Cara penggunaan media
1. gambar
bentuk bangun datar yang sudah dipilih kemudian diprint dengan ukuran
paling besar yang diperkirakan bila ditempel di papan tulis bisa terlihat oleh
seluruh siswa
2.
untuk memperbesar lagi gambar yang sudah diprint maka bisa dipotocopy dengan
ukuran diperbesar
3.
media yang kita buat untuk setingan komputer bisa ditayangkan melalui media
infokus
4.
untuk media yang menggunkan karton,
setelah selesai membuat gambar, cukup ditempel di papan tulis
5.
Amati gambar yang ditempel dipapan tulis/ pada layar infocus
6.
kemudian identifikasi sifat-sifat bangun
bangun datar itu
7.
apabila tidak paham , diskusikan dengan teman kelompokmu
F. Fungsi Media
1. media bangun datar berfungsi untuk memperjelas materi tentang bangun datar
2. dengan penggunaan media bangun datar siswa lebih paham dan dapat membedakan antara
bentuk bangun datar dengan bentuk bangun ruang
3.
penggunaan media bangun datar
berfungsi memperjelas pengelompokan bangun datar bentuk segitiga
dan bangun datar bentuk segi empat
3.
dengan memanfaatkan media bangundatar,
siswa akan lebih paham dalam
menganalisis sifat-sifat bangun datar
G. Gambar Media
1.
Bangun datar segi empat
Persegi
|
Persegi panjang
|
Trapesium
|
||||||
Belah ketupat
|
Jajaran genjang
|
Layang-layang
|
2. Bangun datar segi tiga
Segitiga sama
kaki
|
Segitiga sama
sisi
|
Segitiga
siku-siku
|
Purwokerto, Juli 2012
Peserta PLPG
Ade
Wowon
No. Peserta : 12926802710605
MEDIA
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SDN Sukamulya
Mata
Pelajara : IPA
Kelas/
Semester : V/ 2
A.
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi
serta fungsinya.
B.
Kompetensi Dasar
5.1.
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
C.
Indikator
1. Kognitif Produk
o
Membandingkan gerak benda pada permukaan
yang berbeda-beda (kasar, halus)
o
Mengidentifikasi berbagai cara
memperkecil gaya gesek
o
Mengidentifikasi berbagai cara memperbensar
gaya gesek
2. Kognitif Proses
o Menemukan perbedaan gerak benda
pada permukaan kasar dengan gerak benda pada permukaan halus
o Menemukan cara memperkecil
gaya gesek
o Menemukan cara memperbesar gaya gesek
3. Psikomotor
o Melakukan percobaan untuk membandingkan gerak benda pada permukaan
yang berbenda-beda (kasar, halus)
o Melakukan
percobaan cara memperkecil gaya gesek dan memperbesar
gaya gesek
4. Afektif
o
Melakukan komunikasi, presentasi, bertanya dan berpendapat
o
Melakukan kerjasama
D.
Tujuan Pembelajaran
1.Kognitif Produk
o Melalui percobaan dan diskusi siswa
dapat membandingkan gerak benda pada permukaan kasar dan gerak benda pada permukaan halus
o Melalui percobaan dan diskusi siswa
dapat menemukan cara memperkecil gaya gesek
o Melalui percobaan dan diskusi siswa
dapat menemukan cara memperbesar gaya gesek
2. Kognitif Proses
o Melalui eksperimen dan kerja kelompok, siswa dapat membandingkan
gerak benda yang mempunyai permukaan kasar dan benda yang mempunyai permukaan
halus
o Melalui eksperimen dan kerja kelompok, siswa dapat membuktikan
cara memperkecil gaya gesek
o Melalui eksperimen dan kerja kelompok, peserta didik dapat membuktikan
cara memperbesar gaya gesek
3. Psikomotor
o
Siswa melakukan diskusi
dan eksperimen
untuk menemukan
perbandingan gaya gerak yang mempunyai permukaan berbeda
o
Siswa melakukan diskusi dan
eksperimen untuk menemukan
cara memperkecil dan memperbesar gaya gesek suatu benda
4. Afektif
o
Melalui eksperimen dan kerja kelompok, siswa bersikap kritis serta terbuka dalam menemukan
perbandingan gaya gerak yang mempunyai permukaan berbeda
o
Melalui eksperimen dan kerja kelompok, siswa bersikap toleran serta mau bekerja
sama dalam kelompoknya dalam menemukan
cara memperkecil dan memperbesar gaya gesek suatu benda
D. Deskripsi Media
Media gambar yang
disajikan adalah gambar benda seperti sepatu yang dibuat beralur,ban yang
dibuat beralur dan sepatu bola yang dibuat tonjolan.
E. Bahan dan Alat
1.
gambar ban yang beralur
2.
gambar sepatu yang dibuat beralur
3.
gambar sepatu bola yang dibuat tonjolan
F. Cara Pembuatan
Gambar gambar tersebut didapat dari buku-buku
sumber kemudian dipoto copi kemudian ditempelkan pada karton untuk dijadikan
media pembelajaran untuk memperjelas tema
G. Cara penggunaan media
1. gambar-gambar yang sudah disusun kemudian
ditempel pada karton
2.
sajikan gambar tersebut untuk
menerangkan gaya gesek
F. Fungsi Media
1. media gambar sangat berfungsi untuk
memperjelas tema yang akan dibahas
2. dijadikan topik diskusi untuk mencapai tujuan
pembelajaran
G. Gambar Media
No
|
Gambar
|
Ket
|
1
|
Ban yang
dibuat beralur
|
|
2
|
Sepatu yang
dibuat beralur
|
|
3
|
Sepatu bola yang
dibuat tonjolan
|
|
4
|
Anak sedang
mendorong kotak, terjadi gaya gesek antara kotak dengan lantai
|
Mengetahui
Instruktur
.........................
|
Purwokerto, Juli 2012
Peserta PLPG
Ade
Wowon
No. Peserta : 12926802710605
|
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Sifat-sifat bangun datar
Nama
Kelompok:
Anggota
1. ...................................
2.
...................................
3. ...................................
4.
...................................
5.
...................................
Petunjuk
Pengerjaan
1.
Amati gambar bangun datar dibawah ini !
2.
Diskusikan dengan kelompokmu tentang sifat-sifat bangun datar !
3.
Catat hasil diskusimu dikolom yang sudah tersedia !
No
|
Bangun Datar
|
Nama bangun dan Sifat-sifat bangun
datar
|
|||
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Sifat-sifat bangun datar
Nama
Kelompok:
Anggota 1. ...................................
2.
...................................
3.
...................................
4.
...................................
5.
...................................
Petunjuk
Pengerjaan
1.
Amati gambar bangun datar dibawah ini !
2.
Diskusikan dengan kelompokmu tentang sifat-sifat bangun datar !
3.
Catat hasil diskusimu dikolom yang sudah tersedia !
No
|
Bangun Datar
|
Nama bangun dan Sifat-sifat bangun
datar
|
|||
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Sifat-sifat bangun datar
Nama
Kelompok:
Anggota 1. ...................................
2.
...................................
3. ...................................
4.
...................................
5.
...................................
Petunjuk
Pengerjaan
1.
Amati gambar bangun datar dibawah ini !
2.
Diskusikan dengan kelompokmu tentang sifat-sifat bangun datar !
3.
Catat hasil diskusimu dikolom yang sudah tersedia !
No
|
Bangun Datar
|
Nama bangun dan Sifat-sifat bangun
datar
|
|||
|
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Sifat-sifat bangun datar
I. Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang
dianggap paling benar !
1.
Sebuah bangun datar yang mempunyai ciri-ciri sepasang sisi berhadapan sama
panjang adalah bangun....
a. persegi c. jajaran
genjang
b. persegi
panjang d. belah
ketupat
2.
Bangun datar yang mempunyai sudut berhadapan sama besar adalah bangun....
a. persegi c. jajaran
genjang
b. persegi
panjang d. belah
ketupat
3.
Bangun datar segitiga yang mempunyai ciri-ciri salah satu sudutnya membentuk
sudut 90 0 adalah bangun....
a. segitiga sama
sisi c.
segitiga sama sembarang
b. segitiga sama
sama kaki d. segitiga
sama siku-siku
|
|
|
|
||||||
|
||||||
|
|
|
|
|
II.
Kerjakan soal-soal dibawah ini !
6. Sebutkan
minimal 2 macam bangun datar !
7.
Sebutkan perbedaan sifat bangun datar persegi dengan sifat bangun datar persegi
panjang !
8.
Memiliki 2 macam ukuran diagonal 1 dan 2, mempunyai ruas garis berhadapan sama
panjang adalah bangun....
9.
Segi tiga yang memiliki 2 buah sudut lancip adalah....
10.
Memiliki 3 buah sudut sama besar (60 0) adalah bangun....
KUNCI
JAWABAN
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Sifat-sifat bangun datar
I.
1.
C
2.
C
3.
D
4.
B
5.
B
II.
6. Segitiga, segi empat
7. Persegi = memiliki 4 ruas garis sama panjang
Persegi panjang = memiliki 2 ruas garis sama panjang
8. Jajaran genjang
9. Segitiga sama kaki
10.
Segitiga sama sisi
Pensekoran
1
soal PG bernilai 2 skor maksimal 10
1
soal Esai bernilai 4 skor maksimal 20
Nilai
Akhir = Jumlah perolehan nilai x 100
Skor maksimal
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Objek yang
diobservasi : Ativitas Peserta didik/Kelompok dalam proses
pembelajaran
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket
|
||||||||||||||
Kerjasama
|
Kedisiplinan
|
Keaktifan
|
|||||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
Keterangan:
A: Baik Sekali
B: Baik
C: Cukup
D: Kurang
E:
Kurang Sekali
|
Purwokerto, Juli 2012
Peserta PLPG
Ade
Wowon
No. Peserta : 12926802710605
|
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Gaya Gesek
Nama
Kelompok:
Anggota 1. ...................................
2.
...................................
3.
...................................
4.
...................................
5.
...................................
Petunjuk
Pengerjaan
1.
Amati gambar dibawah ini !
2.
Diskusikan dengan kelompokmu tentang peristiwa yang terjadi !
3.
Catat hasil diskusimu dikolom yang sudah tersedia !
No
|
Gambar
|
Uraian
|
Agar akan itu bisa memindahkan benda itu dengan
mudah, apa yang harus dilakukan anak itu !
Jawab
...........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
|
||
Mengapa
ban mobil itu dibuat beralur!
Jawab
...........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
|
||
Mengapa
sepatu bola dibuat tonjolan!
Jawab
...........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
..........................................................................
.........................................................................
.........................................................................
.........................................................................
|
|
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Gaya Gesek
I. Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang
dianggap paling benar !
1. Arah gaya gesekan adalah....
a. searah dengan
gerak benda
b. berlawanan
dengan arah gerak benda
c. tegak lurus
dengan arah gerak benda
d. sejajar
dengan arah gerak benda
2. Perhatihan
pernyaan berikut
1. memasang roda
2. memperkasar
permukaan
3. memberi
minyak pelumas
cara memperkecil
gesekan adalah....
a. 1 dan 2 c. 1 dan 3
b. 1 dan 3 d. 1, 2, 3
3. Gaya
gesekan dipengaruhi oleh....
a. permukaan
benda c. suhu benda
b. jenis benda d.
tidak ada jawaban yang benar
4. Gaya
gesekan dapat mengurangi ....
a. warna benda c. gaya benda
b. nama benda d.
gerak benda
5. Gaya
gesekan antar logam dapat menimbulkan panas, hal ini akan menimbulkan
akibat....
a. logam akan
tahan lama
b. logam akan
cepat aus
c. logam akan
berkarat
d. logam adalah
benda yang kuat, tidak akan menimbulkan pengaruh
II.
Kerjakan soal-soal dibawah ini !
6. Sebutkan
minimal 2 macam bangun datar !
7.
Sebutkan perbedaan sifat bangun datar persegi dengan sifat bangun datar persegi
panjang !
8.
Memiliki 2 macam ukuran diagonal 1 dan 2, mempunyai ruas garis berhadapan sama
panjang adalah bangun....
9.
Segi tiga yang memiliki 2 buah sudut lancip adalah....
10.
Memiliki 3 buah sudut sama besar (60 0) adalah bangun....
KUNCI
JAWABAN
Nama Sekolah :
SDN Sukamulya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/ Semester :
V/ 2
Materi :
Gaya Gesek
I.
1.
C
2.
C
3.
D
4.
B
5.
B
II.
6. Segitiga, segi empat
7. Persegi = memiliki 4 ruas garis sama panjang
Persegi panjang = memiliki 2 ruas garis sama panjang
8. Jajaran genjang
9. Segitiga sama kaki
10.
Segitiga sama sisi
Pensekoran
1
soal PG bernilai 2 skor maksimal 10
1
soal Esai bernilai 4 skor maksimal 20
Nilai
Akhir = Jumlah perolehan nilai x 100
Skor maksimal
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/ 2
Objek yang
diobservasi : Ativitas Peserta didik/Kelompok dalam proses
pembelajaran
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket
|
||||||||||||||
Kerjasama
|
Kedisiplinan
|
Keaktifan
|
|||||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
Keterangan:
A: Baik
Sekali
B: Baik
C: Cukup
D: Kurang
E:
Kurang Sekali
|
Purwokerto, Juli 2012
Peserta PLPG
Ade
Wowon
No. Peserta : 12926802710605
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar