Contoh Rpp Gugus II Manangga
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN Sukamulya
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
B. Standar Kompetensi :
4. Matematika
: Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah.
6.. Bahasa
Indonesia :
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
·
Membaca
: Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi
anak.
·
Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung
melalui dikte dan menyalin.
B. Kompetensi
Dasar :
Matematika :
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
Bahasa Indonesia :
Berbicara
6.1 Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. Indikator :
Matematika
·
Dapat menjumlah 2 bilangan dua angka
·
Dapat menjumlah 2 bilangan dua
angka, salah satu bilangan kelipatan 10.
·
Dapat menyelesaikan soal cerita yang
mengandung penjumlahan
.
Bahasa Indonesia:
·
Dapat membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Dapat bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
I. Tujuan
Pembelajaran:
Siswa
dapat :
·
Menjumlah
2 bilangan 2 angka
·
Menjumlah
2 bilangan 2 angka yang salah satunya
kelipatan 10.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang mengandung penjumlahan..
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
v
Karakter siswa yang
diharapkan :
Disiplin Tekun , Tanggung jawab ,Ketelitian ,Kerja sama ,Toleransi ,Percaya diri Keberanian
II. Materi
Ajar
·
Operasi
hitung bilangan
Ari membeli 20
kelereng
diberi bibi 10 kelereng
berapa banyak
kelereng ari ?
20 + 10 = 30
jadi kelereng ari ada
30 butir 20 + 10 = 30
·
Gambar-gambar
tunggal
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Tahap-tahap Pembelajaran
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang tentang teknik penjumlahan 2 angka
- Peserta
didik dengan guru melakukan tanya jawab tentang soal cerita penjumlahan
- Peserta didik
memperhatikan gambar-gambar yang disajikan di muka kelas.
- Secara bergiliran beberapa peserta didik mengemukakan pendapatnya
tentang gambar -gambar yang terpampang
di depan kelas
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Berlatih teknik penjumlahan 2 angka
- Mengerjakan dengan cara menjumlahakan
terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
- Melakukan
operasi hitung penjumlahan yang salah satunya kelipatan 10
- Menyelesaikan
soal cerita tentang penjumlahan.
- Membuat
kalimat dengan berdasarkan gambar secara
lisan
- Bertanya
jawab dengan teman tentang gamabar-gambar tersebut
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
- Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
- Mengerjakan post tes (evaluasi)
- Pemberian PR / tugas
- Memberikan pujian bagi siswa yang aktif
mengikuti kegiatan belajar, dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum aktif.
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Pusat Perbukuan
(BSE).
- Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Pusat
Perbukuan (BSE)
·
Alat Peraga :
- Kartu bilangan
- Gambar-gambar
tunggal dan seri
VI. Penilaian
o
Teknik
penilaian : Tes
o
Bentuk tes :
-
Tes tertulis
dalam bentuk isian
-
Kinerja
dalam bentuk observasi
Butir Soal
hitunglah
penjumlahan ini
1.
10 + 10 = … 6 .
38 + 20 = …
2
. 30
+ 10 = … 7 . 67 + 10 =
…
3
. 20
+ 20 = … 8 . 28 + 20 =
…
4
. 30
+ 20 = … 9. 34 + 41 = …
5
. 40
+ 10 = … 10 . 22 + 42 = …
Kunci Jawaban :
1. 20
2.
40
3.
40
4.
50
5.
50
|
6.
58
7.
77
8.
48
9.
75
10.64
|
B.Indonesia
coba perhatikan
gambar di bawah ini
lalu
buatlah kalimat sesuai gambar
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………….
………………………………………………
………………………………………………
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
Kunci jawaban :
(Contoh)
1. Ani sedang menyapu
lantai
2. Ani Menanam bunga
3. Ani berpamitan
berangkat sekolah
Nilai akhir
/ NA : Jumlah perolehan siswa x 100
Jumlah skor maksimal
Tasikmalaya,
………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Mintarsih, S.Pd
Nip. 19590806 197912
2 014
|
Guru Kelas I
Cicin Solihati F, S.Pd.SD
Nip. 19851022
201001 2 014
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Sunda
Kelas
/ Semester : 1 (Satu)/ 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35
I.
Standar Kompetensi
Membaca (Maca)
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi
berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) berupa kata-kata lepas, kalimat
lepas, serta wacana pendek
II.
Kompetensi Dasar
-
Membaca
wacana (teks) pendek tiga kalimat
III.
Indikator
- Dapat
membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik
- Dapat
membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik
-
Dapat
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana yang telah dibacanya
IV.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat membaca kalimat lepas dengan sikap yang baik
-
Siswa dapat membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik
-
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana yang telah dibacanya
Nilai karakter yang diharapkan: Iman dan takwa, Percaya diri, Kreatif, Mandiri, logis dan kritis.
V.
Materi Pokok
- Membaca kalimat
- Membaca wacana (teks) Pendek
Kalimat
1. Dedi meresihan jukut di kebon
2. Dadi motong kai ku ragaji
VI.
Metoda Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab.
- Pemberian tugas
VII.
Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan
Awal.
1. Berdoa,
mempersiapkan, materi ajar.
2.
Apersepsi.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Peserta didik membaca kalimat lepas dengan sikap
yang baik
2. Elaborasi
a. Peserta
didik membaca wacana (teks) pendek dengan sikap yang baik
b. Peserta
didik menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana yang telah dibacanya
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b. Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir.
1.
Membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
2.
Memberikan penilaian dan pemberian PR.
VIII.
Alat dan Sumber
Buku Paket Pangrumat
Basa Sunda Pikeun Peserta didik SD Kelas
1
IX.
Penilaian
o
Teknik
penilaian : Tes
o
Bentuk tes :
-
Tes tertulis
dalam bentuk isian
-
Kinerja
dalam bentuk observasi
Soal :
1. Jieun kalimat tina kecap “taman”
2. Jieun kalimat tina kecap “melak”
PENILAIAN
Skor perolehan
Nilai akhir : ____________ x 100
Skor maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah
MINTARSIH, S.Pd
NIP
:19590806 197912 2 014
|
Tasikmalaya,
......................20 ...
Guru Kelas I
CICIN SOLIHATI F,
S.Pd.SD
NIP
: 19851022 201001 2 014
|
http.//.adewowon.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar